Selamat Datang di thetrekkers.com

Bisakah memanen air hujan untuk dikonsumsi? – Rainwater Harvesting

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apakah air hujan aman diminum? Jawabannya adalah terkadang ya dan terkadang tidak. Penjelasan berikut akan berisi tentang kapan air hujan aman diminum dan air hujan yang seperti apa yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Bisakah air hujan diminum?

Sebagian besar hujan aman untuk diminium dan mungkin lebih bersih daripada air di tandon rumah. Air hujan yang paling aman adalah hujan yang langsung jatuh dari langit dan belum menyentuh atap atau tanaman.
Namun dengan merebus dan menyaring air hujan akan membuatnya lebih aman untuk diminum.

 

Air hujan yang aman untuk diminum?

Sebagian besar air hujan aman untuk diminum. sebenarnya air hujan adalah persediaan air bagi sebagian besar populasi dunia.

Yang perlu diingat adalah beberapa air hujan mengandung bakteri tingkat rendah serta debu bahkan serangga. Jadi Anda harus mengolah air hujan sebelum meminumnya.

 

Membuat air lebih aman dikonsumsi

Dua langkah kunci yang dapat diambil untuk meningkatkan kualitas air hujan adalah merebusnya dan menyaringnya. Merebus air akan mematikan bakteri yang ada.

Filtrasi atau penyaringan akan menghilangkan bahan kimia, debu, dan kontaminan lainnya.

Pertimbangan penting lainnya adalah bagaimana Anda mengumpulkan air hujan. Air hujan dapat dikumpulkan langsung dari langit kedalam ember atau tandon air yang bersih

Air hujan yang telah terkumpul dalam wadah didiamkan beberapa saat agar pertikulat berat dapat mengendap dibawah.

Di banyak bagian dunia dimana air langka, sejumlah orang memanen air hujan untuk minum dan memasak. Beberapa bahkan mengandalkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Pertanyaan yang timbul adalah apakah minum air hujan itu aman, dan biasanya hal ini tidak dipertimbangkan mengingat susahnya mencari sumber air.

Meminum air hujan harus selalu berhati-hati, terutama jika diminum apa adanya tanpa memurnikan atau menyaringnya. Jika bertempat tinggal di sekitar pabrik atau zona industri lainnya, mungkin sangat berbahaya untuk minum air hujan tanpa memurnikan atau menyaringnya. Ini karena polusi yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik ini dapat menyebabkan hujan asam yang mungkin saja beracun.

Memanen air hujan

Faktor penentu utama lain apakah air hujan aman untuk diminum adalah metode yang digunakan dalam pemanenannya. Misalnya, jika air dipanen langsung dari langit, mungkin aman untuk diminum tanpa proses pemurnian. Namun jika air dipanen menggunakan talang atau metode lain yang melibatkan atap, itu mungkin tidak aman dan harus melewati proses pemurnian.

Ini karena atap biasanya dilapisi cat yang memiliki bahan kimia berbahaya yang berisiko bagi kesehatan. talang logam juga mungkin memiliki karat yang akan mempengaruhi kualitas air hujan.

 

Baca juga : Tangki air lipat praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *