Selamat Datang di thetrekkers.com

Jual Pompa Punggung Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan

pompa punggung pemadam kebakaran

 

Pompa Punggung Pemadam Kebakaran – Pompa punggung atau pompa ransel digunakan untuk pemadam kebakaran hutan dan lahan.
Mudah dibawa dan serbaguna, menjadi salah satu keunggulan dari pompa punggung pemadam kebakaran.

pompa punggung kebakaran merupakan alat yang sangat praktis dan fleksibel.
pompa pemadam kebakaran memerlukan lahan yang relatif luas, sedangkan pompa punggung bisa dibawa kemana saja.

pompa punggung seperti ini sangat fleksibel jika dibawa masuk kedalam hutan belantara atau lokasi-lokasi yang tidak dapat dimasuki oleh mobil pemadam kebakaran.

 

FUNGSI POMPA PUNGGUNG PEMADAM KEBAKARAN

pompa ransel adalah solusi yang tepat untuk membantu petugas dalam mengalirkan air dilapangan.
Seperti memakai ransel kebanyakan, pompa punggung dapat dibawa oleh satu orang.

Pompa ransel atau pompa punggung pemadam kebakaran akan sangat membantu petugas untuk mencapai area kebakaran yang tidak dapat diakses dengan metode lain.

Pompa ransel dengan kapasitas 20 liter merupakan sebuah kemajuan besar dalam peralatan profesional yang ergonomis.

Dirancang untuk digunakan dalam berbagai operasi, ia menawarkan lebih banyak kenyamanan, kinerja, dan pengoperasian untuk brigade pemadam kebakaran dengan menggabungkan pompa ransel dan alat manual.

pompa ransel yang fleksibel dengan ransel backpack akan membuat penggunanya nyaman. Dengan ransel backpack, pungggung serta pundak tidak akan mudah sakit.

Baca juga : Macam-macam Poertable Tank

 

Jenis – jenis kebakaran

Tidak semua kebakaran sama. Pembakaran diklasifikasikan ke dalam satu atau lebih kelas-kelas kebakaran.

Kelas A
api kelas A adalah api dalam bahan bakar biasa seperti kayu, kertas, kain, karet, dan banyak plastik.

Kelas B
kebakaran kelas B adalah kebakaran dalam cairan yang mudah terbakar seperti bensin, minyak bumi, alkohol, cat berbahan dasar minyak, dan lainnya.

Kelas C
kebakaran kelas C adalah kebakaran yang melibatkan peralatan listrik berenergi seperti komputer, server, motor, dan peralatan lainnya.

Kelas D
kebakaran kelas D adalah kebakaran pada logam yang mudah terbakar seperti magnesium, titanium, zirkonium, natrium, litium, dan kalium.

beberapa jenis agen pemadam api dapat digunakan pada lebih satu kelas kebakaran. namun ada juga beberapa jenis pemadaman api yang berbahaya untuk digunakan pada kelas kebakaran tertentu.

 

Teknik Pemadaman Kebakaran

ketika api dinyalakan, caramemadamkannya tergantung sepenuhnya pada bahan bakar yang membuat api menyala dan lokasi api itu sendiri.

ada beberapa teknik untuk mengatasi kobaran api, apa saja dan apakah itu efektif? simak ulasannya berikut ini!

1. Fog Attack
ini digunakan oleh pemadam kebakaran karena efektvitas dalam memerangi api. teknik ini digunakan terutama dalam kebakaran kompartemen tertutup, dan ini bekerja dengan menggunakan nozzle kabut dari selang.
teknik ini bisa sangat efektif di ruang yang tidak berventilasi, tetapi jika ada angin, efektivitasnya akan berkurang.

2. Indirect Attack
serangan tidak langsung pemadam kebakaran ditujukan ke langit-langit, air jatuh ke bawah dan memadamkan api dari atas.

seperti metode dengan kabut, metode ini paling efektif dalam kebakaran kompartemen tertutup, seperti lingkungan bertingkat tinggi.

alih-alih mengarahkan aliran air langsung ke api, air diarahkan ke langit-langit atau dinding di atas api. hal ini memungkinkan air untuk turun dan memadamkan api. Air akan jatuh seperti hujan, yang membantu memadamkan api.

3. Direct Attack
teknik serangan langsung adalah teknik yang paling dikenal luas. teknik ini dilakukan dengan cara mengarahkan air langsung ke dasar api.

dengan menargetkan aliran air di dasar api, teknik ini bekerja paling baik. menggunakan semburan air yang terkonsentrasi dan kuat yang membuat api melemah dan mati.

agar teknik ini bekerja secara efektif, petugas pemadam kebakaran harus memiliki garis pandang yang jelas dan langsung ke api.

4. Combination Attack
serangan kombinasi menggunakan serangan tidak langsung dan langsung untuk melawan gas overhead dan api secara bersamaan.

salah satu manfaat dari teknik ini adalah bahwa ia secara bersamaan memerangi gas-gas overhead seperti metode indirect attack. sementara direct attack menyerang api itu secara langsung, memadamkannya dengan cepat dan meminimalkan risiko penyebarannya.

 

Pompa Punggung Thetrekkers

Kebakaran adalah ancaman utama bagi lahan di hutan maupun perkebunan. Kebakaran merusak hutan, mengurangi nilai dan produktivitas, serta menciptakan asap dan kabut.

Kebakaran hutan dan lahan juga dapat memiliki dampak lingkungan yang signifikan, seperti mengurangi unsur hara tanah, memengaruhi kualitas air, dan meningkatkan risiko erosi tanah.

Adanya patroli karhutla yang dilakukan oleh petugas adalah salah satu langkah untuk mengantisipasi kebakaran yang lebih besar.

Ketika petugas patroli menemukan percikan api, sumber api, maupun kebakaran yang masih tergolong sedang, maka petugas dapat langsung memadamkan nya saat itu juga.

Hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan jika petugas patroli karhutla menggunakan pompa punggung pemadam kebakaran.

Pompa punggung merupakan perlengkapan yang wajib dibawa saat patroli karhutla. Dengan model tas ransel atau backpack yang sudah dilengkapi dengan nozzle khusus, air dapat dengan mudah dibawa dan digunakan saat menemukan titik api. Dengan begitu, api dapat langsung dipadamkan sebelum semakin membesar.

 

jual pompa punggung

Selain digunakan untuk memadamkan api sebelum mulai membesar, pompa punggung juga biasa digunakan setelah kebakaran besar terjadi. Petugas pemadam kebakaran biasanya akan melakukan pengecekan terhadap lahan terbakar yang telah dipadamkan.

Meskipun api telah berhasil dipadamkan, namun bara api dapat kembali menyala. Untuk itu dibutuhkan penyiraman yang bertahap dibagian yang masih terdapat bara maupun suhu panas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *