Selamat Datang di thetrekkers.com

Perbandingan Kelemahan dan Kekuatan Bahan Body Perahu

perbandingan bahan body perahu

 

Perbandingan Kelemahan dan Kekuatan Bahan Body Perahu

Perahu merupakan salah satu transportasi air yang masih banyak di gunakan di Indonesia. Perahu banyak di temukan terutama di daerah pesisir pantai yang sering di gunakan nalayan untuk melaut. Selain itu, banyak juga di temukan di Indonesia bagian timur yang notaben nya masih menggunakan perahu sebagai sarana transportasi dari satu daerah ke daerah lainnya. Perahu yang di gunakan bisa berupa perahu layar, perahu sampan, tongkang dan lain sebagainya. Kini, body perahu tidak hanya terbuat dari bahan kayu saja. Sudah banyak yang menggunakan bahan lain untuk pembuatan perahu.

Dalam industri pariwisata, perahu juga banyak di gunakan sebagai fasilitas untuk menarik wisatawan atau pengunjung. Perahu wisata tersedia dalam berbagai model, ukuran, dan kapasitas penumpang.
Bahan perahu yang umumnya di gunakan terutama untuk perahu wisata adalah perahu bahan fiberglass. Sedangkan untuk perahu nelayan atau perahu penyebrangan terbuat dari bahan kayu.

Selain dari bahan kayu dan fiberglass, body perahu juga bisa di buat dengan bahan aluminium. Perahu yang menggunakan bahan aluminium memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bahan lainnya.
Berikut akan di jelaskan kelebihan dan kelemahan perahu dari masing-masing bahan.

Perbandingan Kelemahan dan Kekuatan Bahan Body Perahu

1.Kayu

Perahu dari bahan kayu memiliki lebih banyak kelemahan jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Penggunaan perahu bahan kayu memerlukan perhatian dan keahlian khusus. Mengoperasikan perahu kayu seperti perahu ketek membutuhkan skill yang baik dan perhatian khusus. Selain itu, perpindahan zona perahu kayu juga sangat sulit. Untuk penggunaan bahan bakar jenis solar tergolong sedang, tidak terlalu boros. Menggunakan mesin Dong Feng/Tian Li dengan type 25 pk, perahu ketek dengan dimensi 950x140x75 cm ini menghabiskan 0,33 liter/Km. Dengan mesin Dong Feng/Tian Li 25 pk, perahu ini melaju dengan kecepatan sedang. Untuk resiko kerusakan selama penggunaan perahu kayu masih dalam level sedang, biaya perawatan juga cukup murah.

Contoh lainnya adalah Speedboat body kayu dengan mesin 40 pk merk YAMAHA Outboard. Perahu ini menghabiskan sekitar 0,45 ltr/KM dengan bahan bakar BBM jenis Premium. Penggunaan nya lebih sulit dan memerlukan keahlian serta pengalaman yang lebih. Penggunaan bahan bakar yang boros sebanding dengan laju speedboat yang cepat. Namun, speedboat dengan bahan kayu ini memiliki resiko kerusakan yang tinggi dan biaya perawatan yang mahal.

2. Aluminium
keunggulan perahu aluminium

Perahu aluminium memiliki penampilan yang tidak jauh berbeda dengan perahu fiberglass. Beda nya hanyalah terdapat bekas pengelasan pada perahu aluminium.

Penggunaan aluminium sebagai bahan pembuatan perahu akan memberikan banyak keuntungan kepada pemilik maupun pemakai perahu. Perahu aluminium sangat mudah penggunaan nya. Kita ambil contoh perahu ketinting dengan dimensi 520 x 110 x 50 cm berbahan bakar BBM jenis premium. Dengan menggunakan mesin 10 pk merk YAMAHA MZ 200, perahu ketinting dapat melaju dengan kecepatan rendah sampai sedang. Bahan nya yang ringan membuat perahu aluminium sangat mudah bermanufer.
Selain itu, penggunaan bahan bakar cenderung sangat irit. Resiko kerusakan pada perahu aluminium sangat rendah karena bahan aluminium merupakan bahan yang kuat sehingga tidak akan mudah bocor. Perawatan perahu aluminium pun tergolong sangat mudah dan murah. Meskipun di letakkan di luar ruangan dengan cuaca yang berubah secara terus-menerus, perahu aluminium tidak akan berkarat.

Baca juga : Perahu Landing Craft bahan aluminium

3. Fiberglass
perbedaan perahu fiberglass dan perahu aluminium

Perahu fiberglass memiliki keunggulan dalam aspek penampilan. Tampilan dari perahu fiberglass memang terlihat lebih rapi dibandingkan dengan perahu aluminium ataupun perahu jenis lain. Bahan fiberglass dapat di bentuk sedemikian rupa dan di sesuaikan dengan bentuk yang di inginkan.

Fiberglass merupakan bahan yang sangat umum digunakan untuk pembuatan body perahu. Di lihat dari pengoperasian dan penggunaan bahan bakar, perahu aluminium dan fiberglass hampir sama. Namun untuk keunggulan, perahu aluminium jauh lebih menguntungkan.
Jika terjadi benturan pada perahu fiberglass, body perahu akan mudah retak. Perawatan perahu fiber juga lebih sulit dan lebih mahal. Speedboat dengan mesin 15 pk merk YAMAHA Outboard menghabiskan BBM jenis Premium sekitar 0,3 ltr/km dengan kecepatan sedang. Penggunaan bahan bakar tergolong cukup irit namun tidak lebih irit dari bahan aluminium.

 

Dari ulasan di atas dapat di jadikan referensi sebelum Anda membeli perahu untuk bisnis Anda. Terdapat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan body perahu. Apa Anda masih ragu untuk menentukan perahu apa yang akan Anda pilih? Temukan jawabanya disini : Mengapa harus memilih perahu Aluminium?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *