Selamat Datang di thetrekkers.com

PEMANFAATAN SUNGAI UNTUK RIVER TUBING

cover ban river tubing

 

Indonesia memiliki beragam sungai yang tersebar di seluruh wilayah. Banyak hal yang telah di lakukan oleh masyarakat sekitar sungai maupun komunitas peduli sungai untuk melestarikan dan memanfaatkan sungai dengan maksimal. Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sungai banyak di manfaatkan dalam bidang transportasi dan pariwisata. Sungai sebagai sarana transportasi masih sering kita jumpai di pulau Kalimantan. Biasanya di gunakan masyarakat untuk berpergian dari satu daerah ke daerah lain. Sedangkan untuk sarana rekreasi, sungai banyak dimanfaatkan untuk olahraga air seperti arung jeram, river tubing dan wisata air lainnya.

Meskipun telah banyak upaya yang di lakukan untuk melestarikan sungai, namun tak sedikit pula masyarakat yang masih membuang sampah di sungai. Sekitar 80% sungai dan anak sungai di Indonesia memiliki permasalahan yang sama. Banyak sampah plastik atau sampah rumah tangga yang mengapung di sepanjang sungai. Kurang nya kepedulian masyarakat terhadap kelestarian sungai membuat mereka tetap tenang membuang semua sampah ke sungai.

 

PEMANFAATAN SUNGAI SEBAGAI DESTINASI WISATA

Sungai dapat memberikan banyak manfaat jika di kelola dengan baik. Diperlukan kesadaran tinggi dari masyarakat sekitar sungai untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai. Masyarakat juga harus bekerja sama untuk membersihkan semua sampah dari sungai. Sungai yang kembali bersih tidak hanya dapat digunakan kembali untuk kebutuhan sehari-hari, namun juga dapat di jadikan sebagai tempat wisata.

Di buka nya destinasi wisata baru, tentu akan memberikan mata pencaharian baru bagi orang-orang yang tinggal di sekitaran sungai. Disekitar area wisata dapat di jadikan tempat berjualan aneka kuliner maupun souvenir untuk para wisatawan. Beberapa warga juga dapat di jadikan sebagai pengelola sungai. Dengan begitu, kesadaran masyarakat sekitar untuk tidak membuang sampah ke sungai akan semakin besar.

 

RIVER TUBING

River Tubing

Salah satu destinasi wisata di sungai yang sedang banyak diminati adalah cave tubing atau river tubing. River tubing merupakan wisata susur sungai dengan menggunakan ban dalam yang telah di lengkapi dengan tali khusus sebagai pengaman. River tubing hampir sama seperti arung jeram, hanya saja medan sungai antara arung jeram dan river tubing berbeda. Sungai yang biasa digunakan untuk arung jeram adalah sungai besar yang memiliki arus deras dan medan ekstrem serta menantang adrenalin. Sedangkan sungai yang di gunakan untuk river tubing merupakan sungai dengan arus yang lebih tenang dan medan sungai yang tidak terlalu ekstrem.

Peralatan yang diperlukan untuk river tubing antara lain ban tubing, pelampung atau life jacket, serta helm tubing. Ban yang digunakan untuk river tubing merupakan ban truk tronton (ban dalam). Ban tersebut juga telah di pasang webbing di samping dan bagian bawah ban untuk pegangan.

Medan sungai yang masih terdapat banyak batuan kasar berpotensi merusak fasilitas ban atau membuatnya bocor. Banyak pengelola yang mengakalinya dengan menggunakan cover ban tubing. Cover ban tubing akan membantu menjaga ban tetap aman meskipun dipakai dalam medan sungai yang banyak terdapat batuan tajam.

Baca : Cover Ban Tubing Terbaik !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *