Selamat Datang di thetrekkers.com

Jual Tangki Air Lipat untuk Fire Rescue – Portable Tank Thetrekkers

Apa itu Tangki Air Lipat

> Tangki air atau tandon air adalah suatu alat atau wadah yang digunakan sebagai tempat penampungan air.

> Tangki air lipat merupakan tandon air dengan bentuk dan sifat yang lebih fleksibel, lebih praktis dan lebih multifungsi.

Tangki air lipat atau portable tank ini biasa digunakan untuk penampungan air yang di dapat dari truk tangki air.

Memindahkan air dari truk tangki ke tangki air lipat ini membuat keadaan menjadi lebih efektif.

Sistem seperti ini biasa dipakai untuk sanitasi di camp pengungsian, pasokan air untuk daerah yang dilanda kekeringan, serta tempat penyimpanan limbah sementara oleh beberapa perusahaan.

Lalu, apa kaitannya tangki air lipat dengan pemadaman kebakaran? Simak ulasan berikut.

Perlengkapan Petugas Pemadam Kebakaran

Pemadam kebakaran adalah pekerjaan yang sangat berbahaya. Selain memerangi kebakaran yang sebenarnya, petugas pemadam kebakarn harus bersaing dengan asap, air, bara panas, benda jatuh, dan lantai yang runtuh.

Petugas pemadam kebakaran diwajibkan memakai berbagai peralatan perlindungan pribadi untuk membantu melindungi mereka selama melakukan pekerjaan yang berpotensi berbahaya.

Lalu, apa saja perlengkapan yang harus dipakai oleh Petugas Pemadam Kebakaran?

1. Helm pemadam kebakaran

Helm yang dipakai oleh petugas damkar harus terbuat dari bahan yang tahan panas dan kuat untuk melindungi petugas dari panas dan benda yang jatuh.

2. Baju pemadam tahan api

Petugas pemadam kebakaran mengenakan celana dan jaket pemilih yang terbuat dari kain dua lapis yang di rancang untuk mengusir panas dan menghilangkan kelembaban yang masuk ke dalam.

Baju pemadam kebakaran biasanya memiliki garis-garis oranye terang, kuning atau reflektif untuk membuat petugas pemadam kebakaran lebih mudah terlihat saat tertutup asap.

3. Alat bantu pernapasan

Alat pernapasan termasuk masker dengan selang yang terhubung ke tangki yang diisi oksigen.

Alat ini di pakai di punggung petugas pemadam kebakaran untuk menyediakan oksigen setidaknya selama 30 menit.

4. Sarung tangan

Petugas damkar memakai sarung tangan kulit tebal sebagai bagian dasar dari peralatan pelindung mereka.

Sarung tangan ini membantu petugas untuk dapat memegang benda-benda panas dengan aman.

5. Sepatu boot

Sepatu pemadam kebakaran adalah sepatu karet tebal dengan sol karet yang berfungsi baik pada permukaan basah.

Sebagian besar sepatu pemadam kebakaran diperkuat dengan baja atau paduan logam keras lainnya di jari kaki dan sol untuk melindungi petugas pemadam kebakaran dari serpihan tajam yang mungkin secara tidak sengaja mereka tendang atau injak.

Pasokan Air untuk Petugas Pemadam Kebakaran

Air adalah satu-satunya alat terbaik yang ditemukan untuk memadamkan api.

Selama ini, pasokan air untuk pemadaman hanya disuplai dari truk tangki. Tentu saja hal tersebut sangat tidak efektif.

Saat terjadi kebakaran besar, pastinya membutuhkan pasokan air yang besar serta waktu yang cepat untuk memadamkannya sebelum menjalar lebih jauh.

Bagaimana jika pasokan air di tangki truk hampir habis namun api belum juga padam sementara truk tangki harus pergi mengisi ulang persediaan?

Tentu sangat merugikan bukan. Padahal, suplai air menjadi salah satu faktor penting untuk proses pemadaman.

Disinilah peran tangki air lipat tersebut.

Apakah tangki air lipat efektif untuk pemadaman kebakaran?

Tangki air portable atau tangki air lipat adalah tangki yang dapat dilipat sementara yang dirancang untuk penyimpanan cadangan air dalam aplikasi pemadam kebakaran, bantuan darurat, dan militer.

Dalam konteks pemadaman kebakaran, tangki air lipat digunakan untuk membantu menyediakan pasokan air sementara truk tangki pemadam pergi mengisi ulang persediaan.

Tangki air lipat tentu sangat efektif untuk situasi tersebut.

Poin pertama terletak pada ukuran, cara pemakaianya dan tidak lupa kualitasnya. Tangki air lipat tersedia dengan kapasitas yang beragam. Meski dengan kapasitas besar pun, tangki air ini dapat di lipat seringkas mungkin.

Cara pemakaian nya sangat mudah sekali. Sistem kerjanya seperti tandu/dragbar lipat. Cukup dua orang untuk membuka kerangka yang terlipat, dan tangki air siap digunakan.

 

Poin kedua terdapat pada efektifitas dalam penggunaan di lapangan. Dengan teknik pemakaian yang sangat praktis dan dapat siap dalam hitungan detik akan memudahkan petugas saat di lapangan.

Tangki air lipat berfungsi sebagai support untuk petugas pemadam kebakaran. Tangki air dipakai untuk tempat penampungan sementara selama truk tangki pemadam mengisi ulang persediaan.

Tangki lipat yang sudah disiapkan dan diisi penuh dengan air, akan digunakan saat persediaan air di mobil tangki menipis.

Ketika mobil tangki atau mobil pemadam kebakaran pergi untuk mengisi ulang persediaan air, petugas dapat memanfaatkan air yang ada pada tangki air lipat yang sebelumnya memang sudah dipersiapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *