Selamat Datang di thetrekkers.com

Keunggulan Perahu Bahan Aluminium – Thetrekkers

Artikel berikut ini akan menjelaskan apa itu aluminium dan keunggulan perahu yang terbuat dari bahan aluminium. Jangan sampai ada kata maupun kalimat yang terlewat, oke!

Selamat membaca!

 

Mengenal Bahan Aluminium

Aluminium merupakan bahan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia modern. Aluminium adalah jenis logam yang sangat ringan sehingga sangat efektif untuk menjadi bahan utama pembuatan peralatan maupun kebutuhan manusia modern. Hampir semua alat di masa sekarang ini terbuat dari bahan aluminium, mulai dari peralatan rumah tangga, kabinet rumah, alat-alat bakery, peralatan outdoor, dan masih banyak lagi. Dalam skala besar, aluminium juga biasa digunakan dalam industri transportasi seperti sepeda, komponen pesawat terbang, serta untuk pembuatan galangan kapal. Aluminium menjadi pilihan terbaik karena sifatnya yang sangat ringan jika dibandingkan dengan logam lain seperti tembaga maupun baja. Aluminium merupakan bahan yang sangat kuat dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap penurunan suhu.

 

Karena banyak nya keunggulan dan keuntungan yang di dapatkan dalam penggunaan bahan aluminium, Thetrekkers pun berinovasi untuk membuat perahu wisata, perahu rescue, hingga perahu sampah dari bahan aluminium. Menggunakan bahan dengan kualitas terbaik serta di dukung dengan peralatan canggih dan tenaga yang ahli di bidangnya, kami menghadirkan perahu aluminium dengan kualitas yang dapat bersaing dengan perahu-perahu yang sudah ada.

 

Mengapa kami sangat yakin dengan kemampuan serta kualitas perahu aluminium kami? Simak ulasan berikut dan temukan jawaban nya !!

 

Keunggulan Perahu Aluminium Thetrekkers

Kita tahu bahwa aluminium merupakan logam yang sangat banyak manfaat dan keunggulannya. Sifat aluminium yang ringan, tahan korosi, serta tidak beracun membuat bahan ini banyak digunakan dalam pembuatan peralatan maupun barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti peralatan makan, kabinet dapur, kabinet kantor dan masih banyak lagi.

Namun apa jadinya jika aluminium di gunakan sebagai bahan pembuat perahu?

Baca juga : Keunggulan perahu aluminium untuk proses evakuasi banjir 

 

 

Berikut ini adalah keunggulan perahu menggunakan bahan aluminium :

1. Sangat Ringan

Perahu yang terbuat dari bahan aluminium memiliki bobot yang jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan perahu bahan lain seperti perahu kayu maupun perahu fiberglass. Kita ambil contoh perahu dengan panjang 4 meter. Perahu bahan fiberglass berukuran 4 meter memerlukan banyak orang untuk mengangkat dan memindahkan nya ke tempat lain, beban berat pun tetap di rasakan oleh orang-orang yang mengangkat perahu fiber ini.

Sedangkan pada perahu aluminium, hanya memerlukan 4-6 orang untuk mengangkat dan memindahkan perahu ke tempat lain, banyak orang untuk mengangkat perahu aluminium hanya untuk menjaga keseimbangan dan tidak untuk menahan beban yang berat dari perahu aluminium. Karena perahu aluminium sangat ringan, hal ini juga berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang hemat serta kemampuan bermanuver yang sangat baik.

2. Tahan Benturan

Aluminium merupakan bahan yang tidak mudah retak atau pecah jika terjadi benturan. Itu sebabnya perahu aluminium tidak akan mudah bocor saat terjadi benturan. Kerusakan superfisial dapat diatasi dengan palu, kebocoran perahu akibat benturan yang terlalu keras dapat di atasi dengan menambal menggunakan lem khusus atau dengan pengelasan. Kebocoran pada perahu aluminium juga mudah terdeteksi dan tidak perlu membayar jasa orang lain untuk melakukan perbaikan karena Anda bisa memperbaiki nya sendiri.

Lain cerita jika hal serupa terjadi pada perahu fiber. Perahu fiberglass lebih beresiko terjadi kebocoran saat bertabrakan dengan perahu lain atau pun benda-benda keras di air. Saat terjadi kebocoran pun akan sulit di deteksi kecuali kebocoran di permukaan. Dalam perbaikan nya, Anda harus menggunakan banyak bahan maupun alat dengan biaya yang tidak sedikit. Atau Anda dapat membayar jasa perbaikan pada perahu fiber Anda, hal ini tentu menambah biaya pengeluaran dalam bisnis Anda.

3. Hemat Biaya Perawatan Dan Pemeliharaan

Perahu aluminium tidak memerlukan perawatan khusus, perbaikan pada perahu aluminium dapat di lakukan sendiri tanpa membayar orang untuk jasa perbaikan. Ini tentu dapat menghemat biaya pengeluaran Anda untuk perawatan perahu. Aluminium merupakan bahan yang tidak akan korosi meskipun selalu di letakkan di luar ruangan dengan cuaca yang berubah-ubah. Cat pada perahu aluminium bukan berfungsi untuk perlindungan terhadap udara maupun korosi, tetapi hanya untuk penampilan saja. Sedangkan pada perahu fiber, perawatan serta pemeliharaan harus terus dilakukan untuk menjaga penampilan serta ketahanan agar perahu dapat selalu berfungsi dengan baik.

4. Penampilan

Perahu bahan fiberglass memiliki penampilan yang lebih baik jika di bandingkan dengan perahu aluminium. Fiberglass merupakan serat kaca yang sangat tipis yang di campurkan dengan bahan-bahan pelengkap untuk kemudian dapat dibentuk sesuai dengan pola yang telah di buat. Hal tersebut yang membuat perahu bahan fiber memiliki hasil akhir yang sangat rapi dan cantik.

Sedangkan pada perahu aluminium, Anda harus merakit potongan-potongan plat dengan metode pengelasan. Pengelasan yang tidak rapi akan membuat hasil akhir perahu aluminium menjadi kurang menarik. Perahu aluminium Thetrekkers menggunakan peralatan dan bahan-bahan terbaik serta pengelasan yang rapi untuk membuat perahu aluminium yang memiliki tampilan yang rapi dan tidak kalah cantik dengan tampilan perahu bahan fiber.

5. Umur Jangka Pakai

Sifatnya yang anti korosi serta kerusakan yang mudah terdeteksi membuat perahu aluminium memiliki umur jangka pakai yang lebih lama dibandingkan dengan perahu fiberglass. Kerusakan internal pada perahu fiberglass tidak mudah terdeteksi serta diperlukannya perawatan khusus pada perahu fiber. Usia pakai perahu aluminium dapat mencapai 15 – 20 tahun sedangkan perahu fiber hanya berkisar antara 5 – 10 tahun.

Selain itu, aluminium juga dapat di daur ulang sedangkan fiberglass tidak. Perahu fiberglass harus melewati proses khusus untuk menghancurkan perahu fiber yang sudah tidak layak pakai. Hasil yang berupa serbuk fiberglass di tambahkan ke dalam aspal jalan raya. Pemilik perahu fiberglass pun harus mengupah orang untuk mengurus proses tersebut.

6. Nilai Jual

Meskipun banyak keunggulan serta keuntungan yang ada pada aluminium, harga perahu aluminium tetap terjangkau jika di bandingkan dengan perahu karet maupun perahu fiber. Dengan harga yang hampir sama antara perahu aluminium, perahu karet dan perahu fiberglass, kenapa tidak memilih perahu aluminium saja? Jangan menilai dari harga awal saja, bandingkan juga dengan biaya perawatan dan pemeliharaan nya.

Mana yang akan Anda pilih, harga awal perahu aluminium yang sedikit lebih mahal namun biaya perawatan hampir nol dan nilai jual kembali yang tinggi, atau membeli perahu fiber dengan harga awal yang sedikit lebih murah namun harus mengeluarkan biaya perawatan dan nilai jual kembali yang rendah ??

 

Dengan harga yang terbilang masih sangat bersahabat jika dilihat dari banyak nya keunggulan dan keuntungan yang di tawarkan perahu aluminium, tentu banyak dari Anda yang tertarik untuk mendapatkan perahu ini. Bagaimana caranya? Anda dapat menanyakan semua pertanyaan tentang perahu aluminium kepada Customer Care kami. Anda juga dapat memesan perahu aluminium dengan logo instansi maupun komunitas Anda. Ayo, Hubungi Customer Service Thetrekkers sekarang juga !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *