Selamat Datang di thetrekkers.com

Dry Bag Thetrekkers untuk Hiking dan Berkemah di Musim Hujan

Trekkers, sudah familiar kan dengan istilah dry bag. Yap, tas waterproof ini memang punya manfaat yang besar terlebih di musim hujan. Kali ini, mimin akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan tas water resistant, tas water repellent, dan tas waterproof. Serta manfaat dry bag untuk kamu yang akan berkemah atau hiking di musim hujan.

Let’s check this out!

Berkemah dan hiking di tengah hujan bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendebarkan. Sangat tidak disarankan untuk basah akibat hujan karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan parah dan merusak perjalanan. Karena itu, sangat penting bagi kamu untuk menjaga diri dan peralatan tetap kering dalam cuaca basah. Berikut cara untuk membuat peralatan serta dirimu tetap kering saat hujan turun :

1. Memilih pakaian dengan bijak

Apa yang kamu kenakan saat bertualang ke luar ruangan atau outdoor, terutama di musim hujan sangat penting. Gunakan jaket atau pakaian dengan bahan yang tahan terhadap air atau water-resistant.

2. Cover tas atau penutup ransel

Cover tas akan membantu melindungi tas ransel dari air hujan. Meski begitu, kebanyakan cover tas terbuat dari bahan yang water resistant. Cover seperti ini tidak dapat sepenuhnya melindungi tas ransel dari air hujan. Lama kelamaan jika intensitas hujan semakin deras, maka tas ransel juga ikut basah karena air hujan sudah meresap pada cover tas.

3. Dry bag

Kemas semua perlengkapan yang diperlukan ke dalam dry bag terutama handphone, kamera, makanan, serta barang-barang yang rentan rusak jika basah. Dry bag merupakan tas waterproof yang benar-benar anti air.

Tas seperti ini akan sangat berguna karena dapat melindungi isi tas dari hujan deras sekalipun meskipun tidak menggunakan cover tas. Di masa ini, sudah banyak dry bag dengan berbagai merk, bahan, jenis, dan kapasitas yang dapat disesuaikan kebutuhan.

Nah, sudah ada istilah water resistant dan juga waterproof. Apakah kedua nya sama-sama anti air dan dapat menahan air sepenuhnya tanpa membuat isi tas basah? simak penjelasan nya berikut ini!

Perbedaan water resistant – water repellent – waterproof

Water Resistant

water resistant bag

Tas kedap air dibuat dengan kain yang menumpahkan air karena tenunan nya. tas dengan label water resistant mampu menahan penetrasi air sampai tingkat tertentu tetapi tidak sepenuhnya. Karena tas menggunakan resleting standar dengan lubang diantara gigi dan dijahit bersama menggunakan metode menjahit tradisional yang meninggalkan lubang tusukan pada jahitan, mereka akan membuat air meresap saat hujan lebat.

Water Repellent

water repellent fabric

Tas jenis ini menawarkan sedikit perlindungan lebih dari yang water resistant karena dibuat dengan kain yang lebih efektif daripada kain tas dengan label water resistant. Kain-kain tersebut dijalin dengan sangat erat atau dilapisi dengan pelapis yang menyebabkan air menolak dengan membuat butiran-butiran kecil saat menyentuh kain. Tas berlabel water repellent berarti bahan tas tersebut tidak mudah ditembus air. Namun, karena tas seperti ini juga menggunakan resleting standar dengan lubang di antara gigi dan dijahit bersama, dan meninggalkan lubang jarum di jahitannya, maka tetap akan terjadi kebocoran pada saat hujan deras.

Waterproof

waterproof bag

Tas waterproof atau juga dikenal sebagai dry bag ini benar benar tahan terhadap air. dry bag biasanya terbuat dari bahan PVC atau Thermoplastic Polyurethane (TPU). Lapisan plastik membuat kain benar-benar tahan air dan tidak dapat ditembus oleh air. Tas-tas tersebut kemudian dibuat dengan jahitan dilas ultrasonik dan dilengkapi dengan ritsleting tahan air. Karena tidak ada lubang jarum atau resleting, tas seperti ini benar benar kedap air atau anti air.
Jika ransel berlabel anti air atau waterproof, itu artinya kamu dapat merendam tas sepenuhnya di dalam air tanpa membuat air masuk ke dalam tas. Kamu dapat berjalan di bawah hujan yang sangat deras dengan tas anti air atau dry bag ini tanpa membuat isi tas basah oleh air hujan.

Bagaimana dengan dry bag thetrekkers?

Dry bag thetrekkers terbuat dari bahan pvc 550. Bahan pvc merupakan bahan yang kedap air dan juga tebal. Dry bag thetrekkers dibuat menggunakan proses welding dengan lem khusus. Tidak adanya lubang bekas jahitan serta bahan yang dapat menyerap air, membuat dry bag thetrekkers ini kedap air. Ujung roll-top dilengkapi dengan pengunci agar dry bag dapat tertutup sempurna dan meminimalisir celah agar air tidak masuk ke dalam tas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *